Proxy shutdown otomatis saat listrik padam

RB+proxy eksternal+AP saya hubungkan dengan UPS.

Karena keterbatasan kapasitas UPS dan dana untuk beli accu gak cukup, maka saya mencoba melakukan shutdown proxy secara otomatis saat listrik mati dengan memanfaatkan ping timed out detection (ini istilah saya sendiri) yang kalau di RB namanya netwatch. 

saya punya satu AP yg saya nyalakan di dalam rumah, tetapi tidak saya masukkan UPS, nah AP inilah nantinya yang akan menjadi parameter ping untuk proxy server. sehingga saat ping reply ke AP ini timed out, maka proxy akan mengeksekusi script self shutdown.
langkah kerja yang sudah dilakukan :
Spoiler for langkah

buka terminal proxy (saya pake Ubuntu) via Putty. Yang terbiasa dengan webmin dan winscp akan lebih mudah.
buat sebuah file dengan nama shutdown.sh, saya buatnya di folder root
Code:
cd /root
pico shutdown.sh
pastekan script dibawah :
Code:
#!/bin/sh

IP_LIST='192.168.0.200'

ALIVE=0
for IP  in $IP_LIST; do
   ping -q -c1 -w5 $IP
   if [ $? -eq 0 ]; then
      ALIVE=1
      echo "$IP is alive: $(date)" >> /root/shutdown.log
      break
   fi
done

if [ $ALIVE -eq 0 ]; then
   echo "***ShutDown***  $(date)" >> /root/shutdown.log
   echo "###########################" >> /root/shutdown.log
   /sbin/shutdown -h now
fi
ubah permission agar bisa di eksekusi :
Code:
chmod +x /root/shutdown.sh
masukkan script kedalam crontab agar di eksekusi sesuai keinginan kita. Yang saya lakukan disini setiap 3 menit
Code:
crontab -e
masukkan baris dibawah :
Code:
0,3,6,9,12,15,18,21,24,27,30,33,36,39,42,45,48,51,54,57 * * * * /root/shutdown.sh


Sudah saya running sejak semalam, dan saya coba untuk mematikan AP, dan setiap AP mati secara otomatis proxy juga langsung shutdwon. 

Sayang scenario kedua saya belum berhasil.  

Saya ingin memanfaatkan tool Wake on Lan (WOL) yg ada di RB. dimana bisa dikirimkan magicpaket dimana jika mainboard proxy support WOL, maka bisa dibuat script netwatch, dimana saat listrik menyala, maka ping akan kembali reply sehingga dengan netwatch akan di eksekusi script wol untuk mengirim magicpaket ke proxy. Sayang, sepertinya Dell Inspiron 560 yang saya pakai gak support WOL, padahal ada fitur PCIE PME (power management event) tapi sudah saya coba gak bisa. Apakah ada master disini yang sudah mencoba? 

Mau ninggal rumah buat mudik lebaran gan, jadi pengen punya yang serba otomatis
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Video Gallery

  • Linux
    sekedar informasi, sekarang zimbra sudah diakuisisi oleh VMWare. jadi nantinya logo webmail zimbra kita akan ada logo VMware-nya.
  • Foto
    kalo mau buat efek foto kembar yang penting pilih minimal 3 foto (mau lebih juga terserah anda aj..)yang setingan tempat dan letak kameranya
  • Network
    setelah anda membongkar dus, dan menyiapkan koneksi. yang perlu anda lakukan adalah:
  • Serba-Serbi
    16 Cara Mengikat Sepatu Ala Jepang share buat teman2 & cew ato cow yang senang menggunakan sepatu bertali. Selamat mencoba
  • Tips-Trik
    Jika agan pengguna komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mouse. Mouse adalah salah satu pendamping setia dari komputer. Hampir semua jenis mouse memiliki 3 buah tombol. Tombol kiri, tombol kanan dan tombol scroll yang ada di tengah
  • Windows
    Windows 7 merupakan versi yang jauh lebih baik daripada versi terbaru windows, yaitu windows Vista. Dan windows 7 dilengkapi dengan banyak fitur baru.